November 30, 2011

Agar Cepat PUNYA Anak

Posted in Kesehatan tagged , , , , at 7:14 pm by Erianto Simalango

Setelah mengetahui penyebab sulit hamil seperti adanya Infertilitas maka ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti terapi secara alami. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin cepat memperoleh keturunan, yakni :

USIA

Usia yang ideal bagi seorang wanita untuk memiliki anak adalah di bawah 35 tahun. Ini terkait dengan masa produktif orga reproduksi perempuan yang relatif lebih pendek dari laki-laki. Perempuan mencapai masa subur pada usia 20-30tahun. Setelah itu mulai terjadi penurunan. Di atas usia 35 tahun cadangan sel telur di ovarium (indung telur) mulai berkurang dan kualitasnya  juga menurun.

Jadi peluang untuk mendapatkan momongan pn mengecil seiring dengan bertambahnya usia. Semakin dekat dengan usia fase menopause (biasanya terjadi pada usia 45-55 tahun) semakin tipis peluang untuk bisa hamil.

MASA SUBUR

Perempuan perlu mengetahui kapan masa suburnya dan seorang suami perlu pula mengenali masa subur istrinya. Karena hanya hubungan intim yang dilakukan di masa subur inilah yang berpotensi membuahkan kehamilan. Masa subur adalah waktu dimana ovarium mengeluarkan sel telur yang siap untuk dibuahi.

Tanpa ada sel telur, maka tidak akan terjadi pembuahan apalagi kehamilan. Masa subur berkait erat dengan siklus haid. Normalnya siklus haid terjadi antara 21 hingga 36 hari. Masa subur dihitung 14 hari sebelum haid yang akan datang ditambah plus minus 3 hari. Misal, diperkirakan haid akan datang pada tanggal 28 November.  Berarti 14 hari sebelumnya adalah masa subur diperkirakan terjadi pada tanggal 11-17 November.

OLAHRAGA

Olahraga berdampak postif bagi terwujudnya kehamilan. Dengan berolahraga airah darah kesemua organ tubuh, termasuk rahim menjadi lancar. Ini membantu menyehatkan sistem reproduksi sehingga mempertinggi peluang terjadinya kehamilan. Selain itu berolahraga juga dapat meredakan ketegangan dan menghilangkan stress, dua hal yang secara tidak langsung bisa menghambat terjadinya kehamilan.

NUTRISI

Pola makan bisa mempengaruhi kesuburan. Untuk meningkatkan kesuburan. Untuk meningkatkan kesuburan, baik suami ataupun istri perlu memperbaiki pola makan sehari-hari. Pastikan semua unsur gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik. Memperkaya keragaman bahan makanan, terutama yang kaya gizi penyubur seperti vitamin E, vitamin C, betakaroten, zat besi, zinc dan selenium akan memperbaiki sistem reproduksi sehingga cepat hamil.

Sebenarnya banyak sekali unsur gizi yang berpean membentuk kesuburan, namun yang paling populer sebagai zat penyubur adalah vitamin E. Karena vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada jaringan tubuh. Pada jaringan reproduksi, vitamin E dapat melindungi membran sperma dari kerusakan akibat oksidasi sehingga kesehatan sperma terjaga dengan baik.

Sperma yang rusak merupakan salah satu penyebab ketidak suburan. Selain itu Vitamin E juga mendukung produksi enzim dan hormon-hormon kunci yang bertanggung jawab pada pembentukan sperma. Bila asupan vitamin E kurang maka produksi sperma bisa berkurang.

Jumlah sperma yang minim bisa menyebatkan infertilitas. Vitamin E juga memiliki dampak positif yang sama pada tingkat kesuburan wanita, seperti meningkatkan kualitas sel telur dan mencegah keguguran. Sumber Vitamin E, tauge, kacang merah, kacang kedelaim, brokoli dan bayam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: